Mana Yang Lebih Baik Antara Rumah Satu Lantai Dan Dua Lantai

Mana Yang Lebih Baik Antara Rumah Satu Lantai Dan Dua Lantai

Saat akan membeli atau membangun rumah, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah ti[e rumah yang pilih satu lantai ataukah dua lantai? Namun, pilihan tersebut tergantung dengan biaya yang miliki dan kebutuhan sekeluarga.

Baik rumah satu lantai maupun rumah dua lantai keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal-hal yang membedakan adalah kebutuhan ruang yang terbilang cukup banyak jika Anda memilih rumah dua lantai.

Hal ini tentu membuat banyak orang merasa bingung, apakah harus membangun rumah cukup 1 lantai ataukah 2 lantai. Tentu dalam mengambil keputusan ini harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak menyesal dikemudian hari.

A. Rumah Satu Lantai

Tidak ada salahnya jika Anda memilih rumah dengan satu lantai. Pasalnya, rumah satu lantai juga memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Perawatan Yang Mudah

Merawat kebersihan rumah adalah tanggung jawab seluruh penghuni rumah. Nah, jika Anda memilih rumah dengan satu lantai maka itu adalah pilihan yang baik. Terlebih jika Anda hanya tinggal berdua atau keluarga inti saja. Memilih rumah satu lantai akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan. Anda tidak perlu mengangkat cucian dari lantai satu ke lantai dua atau sebaliknya. Semua akan terasa mudah karena dilakukan dalam satu lantai saja.

  • Lebih Sederhana Dirancang

Memilih rumah satu lantai merupakan pilihan yang tepat dan paling sederhana untuk dirancang. Tidak hanya itu saja, biaya yang Anda keluarkan untuk membangun rumah satu lantai tidak sebanyak biaya membangun rumah dua lantai. Selain itu, rumah satu lantai lebih mudah dirancang sedemikian rupa dibandingkan dengan rumah dua lantai.

  • Lebih Aman

Apakah ada lansia atau anak-anak di dalam rumah Anda? Jika ya, maka rumah satu lantai menjadi pilihan yang tepat. Para lansia tidak perlu menaiki tangga untuk ke kamarnya. Dan para anak-anak tidak dapat berlarian di tangga dengan begitu rumah akan terasa lebih aman dibandingkan jika memiliki tangga menuju lantai dua. Keberadaan tangga berisiko jatuh dan cedera dan berbahaya bagi anak maupun lansia.

  • Lebih Mudah Dievakuasi

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja termasuk di rumah Anda. Jika rumah Anda terjadi kebakaran maka akan mudah dievakuasi jika memiliki satu lantai saja. Namun, jika rumah Anda memiliki dua lantai proses evakuasi tentu akan menjadi lebih sulit.

Setelah mengetahui keunggulan atau kelebihan dari rumah satu lantai. Namun disamping itu rumah satu lantai juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

  • Mahal Saat Akan Membangun

Rumah satu lantai akan membuat Anda memakan banyak biaya saat dibangun. Pasalnya tapak yang lebih besar membutuhkan lebih banyak lahan. Selain itu, rumah satu lantai juga membutuhkan lebih banyak material seperti pondasi, atap, dan jendela.

  • Lebih Sedikit Ruang Privasi

Rumah satu lantai akan membuat privasi terbatas sehingga akan sulit mendapatkan ruang privasi Anda sendiri.

 

B. Rumah Dua Lantai

Sebagian orang mendambakan rumah dengan dua lantai yang cantik, mewah ataupun minimalis. Nah, rumah dua lantai menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak ruang. Rumah dua lantai memiliki kelebihan sebagai berikut.

  • Banyak Ruang Privasi

Rumah dua lantai akan memudahkan Anda dalam melakukan pemisahan ruang publik dengan ruang pribadi. Hal ini tentu membantu Anda dalam segala aktivitas tanpa harus khawatir adanya gangguan dari luar.

  • Risiko Pencurian Rendah

Rumah dengan dua lantai akan membuat risiko pencurian menjadi lebih rendah. Pasalnya, ukuran rumah yang lebih luas dan cukup tinggi akan membuat barang berharga milik Anda menjadi lebih aman dan sulit ditemukan.

  • Lebih Banyak Opsi Desain

Rumah dua lantai lebih memiliki banyak opsi desain karena akan ada banyak ruangan yang bisa Anda desain sesuka hati sebagai pemilik rumah. Banyak model desain terbaru saat ini yang mudah diterapkan pada rumah dengan dua lantai.

  • Kekurangan Rumah Dua Lantai

Nah, setelah mengetahui kelebihan rumah dua lantai tentu Anda tidak lupa bahwa rumah dua lantai juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

  • Risiko Kecelakaan

Memiliki rumah dua lantai tentu akan dilengkapi dengan tangga. Tangga ini akan membahayakan jika dirumah terdapat lansia maupun anak-anak. Hal ini tentu patut menjadi pertimbangan Anda saat akan membeli atau membangun sebuah rumah.

  • Potensi Tingkat Kebisingan Yang Lebih Tinggi

Jika rumah Anda adalah dua lantai maka Anda bisa seringkali mendengar kebisingan dari lantai dua baik suara orang berjalan, suara anak-anak berlarian dan lain sebagainya. Namun, hal ini terjadi hanya jika bangunan Anda tidak dirancang dengan baik.

Sumber: Realtor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan Klik disini
Hallo
Ada yang bisa Kami bantu?