Langkah Aman Di Rumah Yang Harus Diajarkan Pada Anak-Anak

Langkah Aman Di Rumah Yang Harus Diajarkan Pada Anak-Anak

Sebagai orang tua yang memiliki anak-anak, keselamatan anak di dalam rumah adalah hal utama. Anda harus memastikan bahwa lingkungan di rumah tetap aman untuk anak-anak.

Tindakan keselamatan di dalam rumah untuk anak tidak hanya memasang perangkat keselamatan seperti detektor asap dan CCTV. Akan tetapi, Anda juga harus memberi batasan di tempat yang berisiko mengalami cedera pada anak-anak.

Dengan kata lain, Anda harus mampu mengajarkan kepada anak bagaimana cara melindungi diri di dalam rumah. Sama halnya seperti saat anak masih bayi, tentu Anda sangat benar-benar mengawasi mereka agar tetap aman.

Seiring waktu, bayi akan bertumbuh menjadi balita dan anak-anak sebelum akhirnya bertambah dewasa. Tidak selamanya mereka butuh pengawasan, namun Anda juga harus menanamkan pembelajaran kepada anak-anak tentang tindakan keselamatan.

Dengan memperkenalkan tindakan keselamatan di dalam rumah sejak usia dini, maka Anda membangun lingkungan rumah yang aman untuk anak.

Mengapa Mengajari Anak Berbagai Tindakan Keselamatan Itu Penting?

Tidak selamanya Anda berada di sisi anak-anak setiap waktu. Tentu ada saatnya Anda akan jauh dari anak-anak. (Foto: Freepik.com)

Memahami pentingnya mengajari anak Anda langkah keamanan di rumah akan membantu Anda untuk memprioritaskan apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Rumah yang aman adalah rumah yang bahagia dan memastikan semua penghuninya tetap sehat.

Tidak selamanya Anda berada di sisi anak-anak setiap waktu. Tentu ada saatnya Anda akan jauh dari anak-anak. Hal ini tentu membuat Anda sebagai orang tua menjadi beban pikiran. Oleh karena itu Anda wajib mengajari mereka langkah aman selama di rumah.

Lantas apa saja tindakan keselamatan yang bisa diajarkan pada anak-anak?

1. Ajarkan Anak Untuk Selalu Menutup Pintu

Menutup pintu menjadi tindakan keamanan yang wajib diajarkan kepada anak-anak. Hal ini untuk memastikan tidak ada penyusup yang dapat masuk ke dalam rumah. Membiarkan pintu tertutup akan membuat Anda yakin bahwa anak-anak aman dan terlindungi di dalam rumah.

2. Pastikan Anak-Anak Tahu Nomor Darurat

Pastikan anak-anak bisa mendapatkan pertolongan saat keadaan darurat. Anda bisa mengajari mereka untuk menelpon dan mengingat nomor darurat, hal ini akan membantu anak dalam kondisi yang membahayakan.

3. Ajari Anak Untuk Tidak Mempercayai Orang Asing

Anak-anak biasa akan tergoda saat diberikan hadiah bahkan oleh orang yang tidak dikenal. Namun, penting bagi Anda untuk mengajari anak Anda untuk tidak menerima hadiah apapun dari orang asing.

4. Ajarkan Anak Untuk Tidak Bermain Di Jalan

Jalan yang dilalui kendaraan bermotor menjadi ancaman bagi anak-anak. Jangan lengah dan beranggapan jalanan di lingkungan Anda aman. Walau begitu selalu ada pengendara sepeda motor atau mobil yang mungkin tidak sedang fokus berkendara, hal ini akan mengancam keselamatan anak Anda.

5. Ajari Anak Untuk Tidak Mengundang Teman Tanpa Sepengetahuan Orang Tua

Tidak hanya orang asing, bahkan teman sekalipun bisa saja sumber masalah pada keselamatan anak-anak. Selain itu, teman juga bisa mengajarkan anak Anda hal keburukan saat bermain bersama. Untuk itu, ajari anak untuk tidak mengundang teman tanpa sepengetahuan Anda.

6. Ajari Anak Jauhi Produk Berbahaya

Mengajari anak Anda untuk menghindari barang-barang berbahaya adalah tindakan keselamatan yang perlu Anda terapkan. Dengan mengajari hal ini maka Anda akan memberikan keselamatan dan pengetahuan kepada anak Anda tentang benda mana saja yang berbahaya dan mana yang tidak. Mana yang sebaiknya didekati dan mana yang sebaiknya dijauhi.

Sumber: Staysafe.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan Klik disini
Hallo
Ada yang bisa Kami bantu?